Tuesday, September 6, 2022

usaha yang saya lakukan agar tamat kuliah tepat waktu

Usaha yang saya lakukan untuk mencapai sukses kuliah tamat tepat waktu
disini saya akan menjelaskan beberapa hal mengenai apa saja yang akan saya lakukan agar sukses tamat kuliah tepat waktu:

1.     1. Menyadari apa tujuan kuliah

Yang pertama yang akan saya lakukan yaitu menyadari untuk apa saya kuliah. Didunia ini banyak orang yang sangat ingin kuliah namun tidak semua orang mampu untuk kuliah. Oleh karena itu saya sangat bersyukur karna bisa merasakan kesempatan untuk kuliah yang semua orang tidak mampu melakukannya. Dan saya harus tau apa tujuan kuliah, bagi saya tujuan saya kuliah yaitu untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman serta relasi yang hanya bisa saya dapatkan ketika saya kuliah. Semua hal yang saya dapakan nantinya akan sangat berguna untuk masa depan saya yang menjadi hidup saya selama di dunia.

 

2.     2. Menyadari kewajiban sebagai mahasiswa

Saya harus sadar apa kewajiban saya sebagai mahasiswa. Tugas utama saya adalah belajar. Hasil yang diinginkan oleh orang tua dan kampus adalah saya bisa lulus tepat waktu, memiliki nilai yang bagus, dan memiliki kepribadian yang unggul. Tidak , jika saya sejak awal sudah tahu apa tugas saya, maka selanjutnya yang harus saya upayakan adalah bagaimana cara mencapainya.Semua orang tahu bahwa untuk mendapatkan hasil yang bagus saat kuliah adalah dengan rajin belajar. Namun hal ini lebih mudah diucapkan daripada dipraktikkan.Selalu ada halturun yang menghambat seperti motivasi yang naik, sulit beradaptasi, keluar dari masalah dana kuliah, atau masalah lainnya.Namun, jika saya sudah mencanangkan bahwa tugas saya saat kuliah adalah belajar sebaik-baiknya, maka seberat apapun masalah yang saya hadapi, pasti ada jalan .

 

3.      3. Rajin kuliah

Bagi saya rajin menjadi kunci utama agar bisa lulus kuliah tepat waktu. Dengan rajin kuliah maka nanti saya tidak akan kehilangan momen-momen penting yang mungkin dapat mempengaruhi kelulusan kuliah saya. bolos, apalagi “titip absen”. Saya harus menjadikan kuliah sebagai prioritas utama. jadwal kuliah yang baik-baik setiap hari agar tidak ada yang terlewatkan. Malam hari sebelum tidur, saya pun harus melihat jadwal kuliah besok agar bisa melakukan persiapan terlebih dahulu. 

 

4.      4. Mengerjakan semua tugas dengan baik

Tugas merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap nilai yang akan menentukan kelulusan. Dan saya juga harus melaksanakan tugas dengan baik dan jangan asal-asalan agar mendapatkan nilai yang baik. Jika saya melakukan asal-asalan bisa saja tugas yang saya buat itu salah dan mendapakan nilai yang buruk seperti nilai E, yang bisa saja membuat saya harus mengulang mata kuliah tersebut guna memperbaiki nilai saya yang buruk sehingga memakan banyak waktu dan tidak bisa lulus tepat pada waktunya. . Jika misalnya ada kesulitan dalam mengerjakan tugas, jangan malu untuk bertanya kepada teman kuliah lainnya. Jika ada tugas yang belum dijangkau, bisa bertanya pada dosen.

 

5.      5. Memanajemen waktu dengan baik

Kunci sukses dalam bidang apapun adalah manajemen waktu. Saya harus mengatur waktu sebaik-baiknya agar setiap tugas bisa selesai dengan baik.Sebagai mahasiswa memang tugas utama adalah belajar. Namun mungkin juga saya memiliki kegiatan lainnya seperti berbisnis, bekerja sambilan, atau mengikuti kegiatan kampus. Saya harus pintar-pintar mengatur waktu agar semua kegiatan tersebut terlaksana dengan baik.Sangat ideal jika saya memiliki jadwal kegiatan harian dari pagi sampai malam. Dengan begitu, saya tahu apa saja yang harus saya lakukan setiap hari.  

 

6.      6. Komitmen

Komitmen adalah hubungan keterikatan pada sesuatu. Komitmen  dibutuhkan dalam mencapai  , untuk itu saya harus berkomitmen untuk tamat kuliah tepat waktu. Komitmen harus saya tanamkan dalam diri saya sebagai mahasiswa agar semua yang menjadi tujuan saya untuk kuliah tetap terlaksana dengan baik tanpa mempengaruhi hal lain.


1.      7. Prioritas

Di perkuliahan, mahasiswa tidak hanya sekedar datang ke kampus kemudian belajar dikelas lalu pulang, di kampus terdapat banyak organisasi yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa yang berada di kampus tersebut. Dimana dalam organisasi terdapat banyak kegiatan-kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap orang atau mahasiswa yang berada di dalam organisasi tersebut. Banyak mahasiswa yang kewalahan membagi waktu antara kuliah dengan organisasi, dan tidak mementingkan diri sendiri terhadap kecerobohan kuliahnya sehingga dirinya tidak lulus kuliah tepat pada waktunya. Oleh karena itu jika saya bergabung pada suatu organisasi maka saya akan memprioritaskan diri saya pada perkuliahan saya agar kewajiban saya terhadap kuliah tidak terbengkalai tanpa melupakan kewajiban saya sebagai anggota organisasi.

 

2.      8. Proaktif

Langkah saya selanjutnya agar lulus kuliah tepat pada waktunya yaitu menjadi seorang yang proaktif. Yaitu sikap lebih aktif daripada mahasiswa lainnya, seperti bertanya kepada teman megenai materi yang kurang dipahami atau bertanya langsung kepada dosen yang baik dan sopan santun. Aktif dalam melaksanakan tugas kelompok juga menjadi salah satu contoh sikap proaktif. Salah satu manfaat lainnya dari sikap proaktif melatih berbicara di depan umum dan dapat mengembangkan wawasan karena lebih sering mengeluarkan isi pikiran. Sikap proaktif juga menjadi salah satu contoh tanggung jawab atas diri saya sendiri.

 

3.      9. Konsisten

Saya akan tetap konsisten terhadap perkuliahan saya, sebagaimana rencana atau niat awal saya untuk kuliah. Konsisten menjadi faktor penting dalam mencapai suatu tujuan. Dan disini niat saya adalah lulus kuliah tepat pada waktunya, maka saya akan konsisten terhadap niat saya tersebut.

 

4.      10. Memilih pergaulan yang tepat

Banyak mahasiswa yang telat lulus karena salah dalam bergaul. Oleh karena itu, harus pandai dalam memilih teman. menjaga teman yang tidak memacu diri saya menjadi pribadi yang lebih baik.Cari yang memiliki pribadi positif dan rajin. Dengan pergaulan yang baik diharapkan saya pun bisa menjadi pribadi yang baik.Lingkungan pergaulan amat berperan penting dalam pergaulan. Jika saya memilih teman yang baik, maka lingkungan saya juga akan positif, sebaliknya, jika salah memilih teman, sangat mungkin saya pun akan terjerumus ke jalan yang keliru.

5.      11. Mengambil SKS maksimal

Saat kuliah, mahasiswa akan mengenal yang namanya SKS yang digunakan untuk mengukur beban studi mahasiswa saat menjalani perkuliahan. Untuk program studi S1 ​​pada umumnya mahasiswa harus menempuh 144-160 SKS. Untuk D3 biasanya mahasiswa harus menempuh 110-120 SKS. Saya akan menghitung untuk bisa lulus kuliah tepat waktu. Saya akan dapat mengambil SKS secara maksimal di setiap semester. Biasanya jumlah maksimal SKS per semester adalah 24 SKS. Maka dari itu, sejak semester 1, saya bisa mencoba mengambil SKS maksimum agar bisa cepat berlalu. Namun saya juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan IP yang maksimal dari awal semester agar bisa mengambil jumlah SKS yang maksimal pula. Sehingga syarat SKS yang harus saya selesaikan sebagai mahasiswa cepat terpenuhi dan berpengaruh pada waktu kelulusan mahasiswa dari dunia perkuliahan.

 

Jadi, itulah beberapa hal yang akan saya lakukan agar bisa kuliah tepat waktu. Semoga isi blog saya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

 

7.      


No comments:

Contact Us

Contact Form

Name

Email *

Message *